Selasa, 04 Februari 2014

Sedikit tentang OSI layer

Jika anda belajar tentang jaringan, tentu anda akan tahu yang namanya OSI layer. namun meskipun mereka tahu apa itu OSI layer, ada saja dari mereka tidak mengenal apa itu OSI layer.
OSI layer merupakan singkatan dari Open System Interconection layer, jadi OSI layer merupakan semacam standarisasi sebagai acuan bagi siapa saja yang ingin mendalami kinerja jaringan komputer. Jadi setiap sistem operasi, perangkat mempunyai merk-merk yang berbeda, jadi harus mempunyai suatu standarisasi yang telah ditetapkan sebelumnya agar bisa saling terinterkoneksi.

OSI layer mempunyai 7 lapisan layer :
  1. Layer Physical
  2. Layer Datalink
  3. Layer Network 
  4. Layer Transport
  5. Layer Session
  6. Layer Presentation
  7. Layer Aplikasi
  
Kalo saya sih biasanya pake jembatan kancil untuk menghapalnya, pidanet-transepra..hehe

7. Layer Aplikasi
Layer ini merupakan interface yang berhubungan langsung dengan user langsung, contoh yang paling mudah adalah browser yang sering kita pakai, data yang kita akses di web browser kita akan berlanjut ke layer selanjutnya secara berkesinambungan.
6. Layer Presentasi
Saat data memasuki lapisan ini, data tersebut akan dikonversi formatnya. Contohnya bila kita mengirim email melalui outlook, atau browser, email tersebut apa formatnya. jika anda mengirim gambar mungkin formatnya .jpeg, jika text .txt, atau mungkin video .mkv atau lain sebagainya. di lapisan ini pun data yang kita kirim bisa di acak melalui proses enkripsi
5. Layer Session
Bagian ini yang akan memulai, menjaga, dan memutuskan proses komunikasi data kita tadi. Misal saat mengirim email tadi bagian ini yang akan memulai dengan prosedur apa data emailnya dikirim.
4. Layer Transport
Pada layer ini, kita menentukan transportasi apa yang kita gunakan untuk mencapai tujuan, alat transportasi inilah yang kita sebut dengan protokol, misal TCP, UDP, RTP dsb. Penggunaan protokol ini tentu saja sesuai dengan kebutuhan paket layer ini bertujuan untuk mengantarkan paket ke tujuan nya (receiver)
3. Layer Network
Pada layer ini, penumpang (paket) yang telah ditumpangkan ke alat transportasi (protokol)  akan diberikan alamat tujuan nya, alamat yang dimaksud disini yaitu alamat IP. Proses perutingan terjadi di layer ini, pemberian alamat IP dan segala macam yang berhubungan dengan perutean trafik terjadi di layer ini.
2. Layer Datalink
Jika pada layer network, paket diberi alamat IP, alamat IP disini bisa kita kategorikan sebagai alamat jalan, pada layer ini, paket akan diberi alamat yang lebih spesifik yaitu alamat MAC address, alamat MAC ini adalah alamat fisik suatu hardware atau bisa diibaratkan sebagai nomer rumah, atau nama gang suatu rumah. pada layer ini juga terjadi  error notification, error corection dan frame flow control
1. Layer Physical
Dibagian ini ketika kita sudah mengetahui perjalanannya pakai kendaraan bagaimana, jalan nya lewat mana, gang nomor rumahnya dimana. Saatnya data-data dari email yang tadi kita kirim. Di lapisan ini berhubungan dengan metode transmisi apa yang akan digunakan, apakah menggunakan kabel UTP, optik atau media transmisi yang lainnya.
 beberapa perangkat jaringan yang sering digunakan :
  • HUB, bekerja pada layer fisik. fungsinya untuk membroadcast data
  • Bridge, bekerja di layer datalink bekerja dengan mengenali MAC address
  • Switch, bekerja di layer  datalink merupakan multiple bridge
  • Router, bekerja pada layer network, bekerja dengan cara mengenali IP address
 selamat membaca, semoga bermanfaat .. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar