Kamis, 19 Juni 2014

Belajar Menggunakan logfile Asterisk

Ketika kita berhasil menginstall sebuah server Asterisk baik itu Trixbox, Briker, Elastix, ataupun distro linux lain nya, maka hal yang pertama perlu kita lakukan adalah memberikan beberapa buah nomer ekstensi untuk testing apakah sesama nomer ekstensi tersebut bisa saling menelpon atau tidak.
Jika bisa saling menelpon, berarti server yang kita buat berjalan dengan baik. Jika tidak bisa? biasanya masalah yang ada adalah softphone tidak bisa register server, no route to host, call failed unavailable, destination unreachable dan masih banyak lagi troubleshoot yang sering terjadi ketika kita menginstall sebuah server berbasis Asterisk. Bahkan meskipun kita bisa saling menelpon, ada saja kendala seperti suara yang tidak keluar, atau ketika kita menelpon tiba-tiba koneksi terputus dll. Sebagai orang yang awam, pasti kita bingung, apa yang harus kita lakukan? apakah kita harus menginstall ulang Asterisk dari awal? Apakah ada yang salah dengan server Asterisk saya?
Sebelum anda berbuat lebih jauh, ada baiknya anda mengecek log file Asterisk terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Log file merupakan sebuah file yang berfungsi mencatat semua aktivitas suatu sistem, nah dengan membaca atau memahami log file ini tentu saja sangat membantu dalam memecahkan masalah yang ada.
Log file Asterisk terletak pada :
#cd /var/log/asterisk
dan untuk mengedit konfigurasinya, kita menggunakan bahasa vi ( vi command ), konfigurasi log file Asterisk terdapat pada :
# cd /etc/asterisk/logger.conf
Edit file logger.conf untuk mengkonfigurasi apa saja yang ditampilkan pada log file
# vi /etc/asterisk/logger.conf
temukan baris yg berisi dateformat dan uncomment baris command :
dateformat=%F%T
temukan option full dan uncomment baris berikut :
full=>notice, warning,error,debug,verbose,dtmf,fax 
Baris diatas berarti kita akan menampilkan semua aktivitas server asterisk. Setelah itu reload logger.conf dengan mengetikan command :
Asterisk -rx "logger reload"
Untuk melihat log file secara realtime :
# tail -f /var/log/asterisk/full | tee /root/home/logtes.txt
command diatas akan menyimpan file log asterisk dalam file /root/home/logtes.txt
Direktori file log tidak harus disimpan di /root/home bebas terserah anda, dengan melihat log file akan sangat membantu anda dalam memecahkan masalah yang terjadi pada saat menggunakan server Asterisk.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ...

sumber : http://antonraharja.com/2013/07/06/duh-kok-ga-konek-nih/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar