Rabu, 16 April 2014

Electronic Number Mapping ( ENUM )

Pernah mendengar ENUM? apaan tuh? eskrim? *itu magnum* oke ini garing :))
langsung aja ke topik utama.
Buat temen temen yang kuliah atau pernah belajar mengenai jaringan telekomunikasi tentu saja sudah tidak asing lagi dengan uang namanya ENUM bukan?
Electronic Number Mapping  (ENUM) yang biasa disebut Telephone Number Mapping adalah sebuah mekanisme pemetaan nomor perangkat elektronik ( dalam hal ini nomor telepon berdasarkan format dalam rekomendasi ITU-T E.164) kepada system penamaan DNS Uniform Resource Identifier (URI) yang digunakan secara global dalam internet. ENUM merupakan salah satu standar yang dikeluarkan IETF (RFC 3761) yang mengijinkan seorang pengguna untuk menggunakan sebuah nomor telepon dalam mengakses DNS sehingga mendapatkan akses terhadap record universal resource identifier (URI) di dalam NAPTR resource record yang dimiliki oleh nomor tersebut. Dengan adanya RFC3761 yang dikeluarkan pada april 2004 yang lalu, maka membuat RFC2916 yang pernah dikeluarkan sebelumnya menjadi berstatus obsolate.

Sebenarnya ENUM sudah mulai dibahas pada tahun 1999 oleh IETF dan kemudian melahirkan RFC2916 pada september 2000. Dengan menggunakan ENUM permintaan berbagai layanan telekomunikasi dengtan seseorang dapat dilakukan dengan mengakses satu nomor saja. Jdadi ENUM memetakan satu nomor E.164 kepada banyak layanan (alamat) dengan satu nama ENUM yang tersimpan dalam database DNS. Konsep lain yang ditawarkan adalah bagaimana seorang pengguna berbagai layanan komunikasi dapat tetap dihubungi melalui nomor yang sama walaupun berganti detil kontak. Untuk itu diperlukan sebuah database terpusat yang mampu mengelola detail kontak tersebut. Nomor ENUm yang sudah terdapat dalam database harus bersifat unik dan universal. Dengan hanya menggunakan angka sebagai tujuan panggilan, maka sebuah pesawat telepon PSTN yang hanya memiliki 12 digit angka saja mampu menghubungi user VoIP di jaringan paket.

Cara kerja ENUM tuh gimana sih?
proses pembentukan hubungan dimulai saat kita mendial digit nomor ENUM, contohnya adalah sebuah nomor tujuan +62223333623001. Digit tersebut terbaca oleh IP PBX sebagai nomer ENUM, sehingga akan diteruskan menuju ENUM server untuk proses lookup. Proses pembacaan nomor tersebut hingga didapatkan sebuah user tujuan adalah sebagai berikut :
  1. Buang tanda "+"
  2. letakan dot (".") diantara angka tersebut (6.2.2.2.3.3.3.3.6.2.3.0.0.1)
  3. balik urutan angka tersebut (1.0.0.3.2.6.3.3.3.3.2.2.2.6)
  4. Tambahkan domain pada kombinasi angka tersebut
  5. (1.0.0.3.2.6.3.3.3.3.2.2.2.6.dnsgue.com) domain tersebut merupakan nama domain ENUM server.
  6. Bila ditemukan domain yang cocok sesuai database ENUM server,alamat  user tujuan disampaikan kembali ke IP PBX
  7. proses panggilan dilakukan melalui IP PBX
sekian mengenai ENUM, untuk langkah2 instalasi nya mungkin nanti akan saya jelaskan lebih lanjut. 
semoga bermanfaat ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar