Rabu, 24 September 2014

13 hal yang harus dilakukan ketika kita menginstall Ubuntu 14.04 sebagai OS

Ubuntu 14.04 (Trusty Tahr) dirilis pada bulan april 2014 lalu dan merupakan versi LTS setelah Ubuntu 12.04 (Precise Pangolin), ubuntu ini merupakan salah satu distro Linux yang otomatis bersifat open source, dengan kata lain kita bisa mengotak-atik daleman OS nya nih, mulai dari kernel, middleware, hardware dan lain sebagainya.
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam mengupgrade ubuntu yang saya miliki agar lebih enak dipake dan enak diliat gitu, hehe. cekidot!

Pertama yang harus dilakukan adalah mengubah repository ubuntu kita dengan repository lokal 
~# nano /etc/apt/sources.list
Lalu tambahkan repo lokal, biasanya sih yang paling update itu repo kambing ui, bisa juga repo ugm atau itb, kampus telkom juga punya repo lokal yaitu repo pinguin. bebas terserah anda mau pilih yang mana. Repository merupakan tempat penyimpanan ratusan aplikasi, paket dan program yang dapat kita gunakan untuk mengupgrade Linux yang kita miliki, salah satu cara untuk mengakses repository adalah dengan cara mengaksesnya via internet, nah biasanya repo lokal inilah yang tangguh koneksinya, ga putus2.

Gambar 1. Repository Ubuntu
Kedua, update system ubuntu kita dengan cara mengetikan 
~# sudo apt-get update
 ~# sudo apt-get upgrade
Ketiga,  install Banshee media player untuk memutar musik. sebetulnya ubuntu punya media player bawaan seperti Rhytmbox, tetapi saya pribadi kurang cocok. dan memilih Banshee sebagai media player saya.
~# sudo add-apt-repository ppa:banshee-team/ppa
~# sudo apt-get update
~# sudo apt-get install banshee
Gambar 2. Banshee media player
Keempat, install VLC media player untuk memutar film yang kita suka
 ~# sudo apt-get install vlc
kelima, Ubuntu belum bisa langsung digunakan untuk membaca beberapa format file karena terkait dengan masalah hak cipta. Seperti mp3, rar, Java, dan flashplayer. Hal itu bisa diatasi dengan menginstal codec tambahan, ketik perintah berikut di terminal untul menginstall paket yang dibutuhkan.
~# sudo apt-get install ubuntu-restricted-areas
keenam, Ubuntu software center sudah terpasang tetapi synaptic lebih cepat, lebih sederhana dan lebih mudah. Perintah aptitude adalah alternatif apt-get. Perintah gdebi sangat berguna untuk memasang file deb secara manual. 
~# sudo apt-get install aptitude synaptic gdebi-core
ketujuh, install flash player untuk kebutuhan streaming atau memutar video yang kita download.
~# sudo apt-get install flashplugin-installer
Kedelapan, install adobe reader untuk membuka file pdf yang kita miliki. sebetulnya ubuntu juga mempunyai aplikasi untuk membuka format pdf, hanya saja adobe reader menurut saya fiturnya lebih lengkap. Dowload file adobe reader dengan format .deb disini : Adobe reader 
setelah didownload, jalankan perintah 
~# sudo gdebi AdbeRdr9.5.5-1_i386linux_enu.deb
Kesembilan, install rar untuk mengkompres dan mengekstrak file
 ~# sudo apt-get install rar
Kesepuluh, jika di windows kita sering menggunakan IDM sebagai aplikasi untuk mendownload file. maka di Ubuntu saya lebih suka menggunakan Xdman untuk mendownload file, fiturnya hampir mirip dengan IDM. Untuk menginstall Xdman. untuk proses instalasi saya mengikuti blog berikut : install xdman


Gambar 3. tampilan Xdman
Kesebelas, install gparted untuk melihat,menghapus dan membuat partisi hardisk
~# apt-get install gparted
gambar 4. Gparted

Keduabelas, install wine untuk menjalankan aplikasi windows di ubuntu
~# sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
~# sudo apt-get update
~# sudo apt-get install wine1.7 winetricks
Ketigabelas, install unity tweak tool. Unity tweak tool memiliki pilhan untuk mengkonfigurasi pengaturan manajemen desktop, termasuk hotcorners, workspace, theme, penampilan tweak dan pengaturan desktop lainnya seperti fitur keamanan dan scroll. untuk menginstall unity tweak tool, ketika perintah berikut di terminal 
~# apt-get install unity-tweak-tool
 Gambar 5. Unity Tweak Tool
ada beberapa tambahan yang harus dilakukan menggunakan tweak tool seperti menonaktifkan online search di dash dan mengatur launcher sesuai dengan selera kita.

Sebetulnya masih banyak sekali yang harus dilakukan, tapi hanya 13 poin saja yang ingin saya sampaikan. hehehe
sekian, semoga bermanfaat

 

2 komentar: